SASUKE EYE

SASUKE EYE

Breaking News

Langkah-Langkah Konfigurasi Mikrotik Dasar




Assalamualaikum Wr.Wb

   Hai... Minna san, kali ini saya memberikan target sekaligus program kerja saya yang dulu dan baru selesai hari ini walaupun masih di tahap pertama,saya membuat konfigurasi Mikrotik Dasar.

A. Pendahuluan

    Menyelesaikan Program Kerja dan Target saya di Mikrotik.

B. Latar Belakang

   Menyelesai Target saya yang dulu belum siap.

C. Maksud dan Tujuan

   Membuat konfigurasi dasar mikrotik dan juga langkah-langkah,dan Menshare pengetahuan saya.

D. Alat dan Bahan

   - Komputer atau Laptop
   - Kabel  Jaringan (yang di hubungkan ke laptop atau komputer)
   - Kabel LAN(Yang di hubungkan ke Switch)
   - RJ 45
   - Router
   - Mikrotik

E. Langkah - Langkah :

   1. Masuk ke Network Connection dahulu,pada ethernet masukkan Mac Address laptop. Lihat gmbar di bawah...



2. Buat IP dahulu di laptop anda,kalau saya menggunakan IPAddress 192.168.5.1 dgn Netmask= 29, dan Gateway = 192.168.5.3, lihat gambar di bawah,dan masukkan secara manual.


3. Karena saya menggunakan Linux Mint, maka buka Wine dan akan muncul seperti di bawah ini.Klik Refresh hinggan muncul mac address nya,lalu klik pada mac Addressnya.


4. Nanti akan muncul di bawah ini, karena telah saya gunakan maka akan saya Reset dahulu dengan System > Reset Configuration >Klik seperti pda gambar di bawah ini.



5. Setelah di Reset kita akan menunggu sebentar dan muncl seperti di bawah ini, klik Reconnect.


6. Setelah muncul Klik IP> Addresess > Masukkan IP dan Gateway




7. Klik DNS > DNS settings> pada Server saya masukkan 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 , setelah itu centang Allow remote request.


8. setelah itu klik Routes > routes list > klik Add  +> gateway masukkan, kalau saya 10.10.10.100 > apply > ok




9.Klik Firewall > Nat > action > masquarade


10. Klik IP> DHCP Client > klik ether yang tertancap ke router > aplly > ok


11. Klik IP > DHCP Server >DHCP Setup > pada interface masukkan ether 3 karena saya di ether 3 lalu klik next sampai selesai.




 




11. klik New Terminal dan masukkan ip.





12. Jika semua sudah berhasil klik Session > Disconnect, lalau buat lagi di network connect namun kali ini kita setting dengan otomatis, lalu akan muncul seperti di bawah ini.




13. Kita coba ping di terminal laptop kita jika semua berhasil dari IP Address, IP google semua berhasil, seperti di bawah ini.




14. kita coba masuk google jika berhasil akan muncul eperti di bawah ini.




Cukup sekian langkah -langkah yang saya lakukan jika masih gagal coba hingga 20 kali hingga mengerti dan memahami betul mikrotik, Semoga Berhasil dan Sekian, Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr.wb











Tidak ada komentar