SASUKE EYE

SASUKE EYE

Breaking News

CARA MENGATASI ERROR DI PHPMYADMIN


CARA MENGATASI ERROR DI PHPMYADMIN

Assalamualaikum Wr.Wb

 Haii... Minna, welcome to my blog, minna.. pernah tidak saat menginstal LAMP SERVER saat telah masuk PhpMyAdmin ternyata terdapat error,jika pernah ayo.. kita lihat cara memperbaikinya...


phpMyAdmin-Error
The mysql extension is missing.Please check your PHP configuration.
See our documentation for more information.



#sudo apt-get install php-mysqlnd
Reading package lists... Done
Building dependency tree       
Reading state information... Done
Package php-mysqlnd is a virtual package provided by:
  php7.1-mysql 7.1.2-4+deb.sury.org~xenial+1
  php5.6-mysql 5.6.30-7+deb.sury.org~xenial+1
  php7.0-mysql 7.0.16-4+deb.sury.org~xenial+1
You should explicitly select one to install.

E: Package 'php-mysqlnd' has no installation candidate


Jika muncul seperti ini di bagian terminal kita bisa masukkan perintah :

sudo apt-get install php5-mysqlnd 
#sudo apt-get install php5-mysqlnd 
E: Unable to locate package php5-mysqlnd

Jika muncul tulisan seperti di atas maka , gunakan perintah di bawah ini :

sudo apt-get install php5.6-mysqlnd or sudo apt-get install php5.6-mysql 

Lalu ketikkan perintah di bawah ini :
$ sudo apt update
$ sudo apt upgrade
$ sudo apt install php7.0-mysql


Jalankan langkah-langkah ini untuk membersihkan dan menginstal PHPMyAdmin segar: Setelah itu :
$ sudo apt remove --purge phpmyadmin
$ sudo apt install phpmyadmin



Ketika diminta untuk menghapus database PHPMyAdmin, konfirmasikan untuk menghapus. 
Saat diminta untuk membuat database PHPMyAdmin, konfirmasikan untuk membuat.

UPDATE : Ini adalah hasil dari konflik versi. Hapus file yang bersangkutan,
 terutama paket PHP dan instal ulang versi yang konsisten.






Akan muncul : 













Itulah cara mengatasinya semoga bermanfaat, kita akan berjumpa lagi.
,


Terima Kasih 
Wassalamualaikum Wr.Wb

27 komentar:

  1. Wah gk ngerti euy.. Kayaknya sih bermanfaat ...

    BalasHapus
  2. Harus belajar lebih intens sepertinya karena aku kurang paham nih, boleh ajarin aku dong kakak

    BalasHapus
  3. waaah aku belum paham yang beginian hehehe

    BalasHapus
  4. PhpMyadmin ini utk apa ya, kak? Blog kita kah?

    Asli blm mudeng saya.

    BalasHapus
  5. aku pun belum paham untuk apa. pastinya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  6. wah makasih mba infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali😊
      Sering-sering Datang, semua akan saya ketika saya online.

      Hapus
    2. typo :Semua pertanyaan akan saya jawab ketika saya online

      Hapus
  7. wow aku ga ngerti samsek ini haahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mbak, dulu ak jga begitu kok

      Hapus
    2. Semangat mbak, dulu ak jga begitu kok

      Hapus
    3. Semangat mbak, dulu ak jga begitu kok

      Hapus
  8. saran aja nih, mungkin kode html nya dibikin dengan warna lain misalnya biru atau hijau jadi lebih mudah dibaca, atau dibedain fontnya aja.

    soalnya kalau sama semua begini ngeri salah kode euy. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas saran yang dberikan,di blog selanjutnya pasti akan saya terapkan.

      Hapus
  9. wah kodingnya bikin saya musti bolak balik ngelihat lagi nih mbak, maklum masih belajar yang begituan. tapi ilmunya bermanfaat mbak.

    BalasHapus
  10. Terimankasih sharing nya mba.. lengkap banget ini penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali😊
      Sering-sering Datang, semua akan saya ketika saya online

      Hapus
    2. typo :Semua pertanyaan akan saya jawab ketika saya online

      Hapus
  11. Wa'alaikumsalam..
    Udah lama gak mainan php myadmin.
    Tapi hal seperti ini disaat mainan phpmyadmin sangat diperlukan, terlebih kalau error :)
    Terima kasih sharingnya, Teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali😊
      Sering-sering Datang, semua akan saya jawab ketika saya online

      Hapus
    2. Terima kasih kembali😊
      Sering-sering Datang, semua akan saya jawab ketika saya online

      Hapus
  12. Waduuuuuuh, waktu saya kuliah pernah belajar soal PhpMyAdmin, poning liat script-nya. Dulu blogging masih pakai geocities dan notepad html. Sekarang lebih enak

    BalasHapus
  13. Terus ternag kurang terlalu paham ini fungsinya buat apa. Mungkin bisa dikasi pengantar dikit ini buat apa haha.
    Btw suka ttg Jepang2an ya? :D

    BalasHapus
  14. ngebaca postingan ini otak aku berasa nge-LOOPING pelajaran pas awal kuliah dulu deh,hehe pernah nginstal lamp server waktu itu bikin aplikasi pemetaan buat tugas karya tulis.

    BalasHapus
  15. Ilmu baruuuu makasih yaaa kak. Aku mah gaptek soap beginian haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama
      Phpmyadmin ini bukan untuk awam, saya sendiri jga masih kesulitan kok 😅

      Hapus
  16. dulu kayaknya pernah belajar tentang ini tapi lupa. Hhhe, mungkin bisa dibuat blog kelanjutannya tentang PHPMyAdmin

    BalasHapus