SASUKE EYE

SASUKE EYE

Breaking News

ACCESS POINT ?


Assalamualaikum Wr.Wb 

   Haii... Minna welcome to my blog,pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai access Point... okey langsung saja simak di bawah ini.

A. DEFINISI ACCESS POINT (AP)

Access Point merupakan sebuah perangkat dari jaringan yang berisi transceiver dan juga antena yaBerikut adalah beberapa definisi Access Point (AP) yang diambil dari berbagai sumber.m ng berfungsi untuk transmisi dan menerima kiriman sinyal ke dan dari clients remote. Adanya access points (AP) clients wireless tersebut bisa dengan mudah dan cepat untuk menghubungkan pada jaringan LAN kabel dengan cara wireless atau tanpa kabel.

Router dan Acces Point adalah dua fungsi peralatan jaringan yang bekerja bahu membahu membentuk unit pemancar signal wifi. Acces Point membentuk hot spot, sedangkan Router mengatur lalu lintas data. Alat ini digunakan untuk Acces Internet secara wifi.
Access point, akses point, disingkat dengan AP. Suatu tempat yang menjadi pusat dari beberapa koneksi terhubung. Alat ini juga dikenal dengan Cross Box. Jika dilihat dari sudut pandang koneksi telepon, Access Point adalah suatu box tempat dimana kabel telepon dari pelanggan telepon terkoneksi. Begitu juga kalau dilihat dari jaringan komputer tanpa kabel (wireless), access point ini adalah pemancar yang menghubungkan komputer-komputer yang terpaut dengan jaringannya untuk menuju jaringan yang lebih besar (internet).
Access Point adalah hub bagi jaringan wireless baik itu di ruangan, maupun di jaringan dalam kota. Untuk jaringan dalam kota, Access Point ini biasanya di tempatnya di ISP berada pada tower dengan ketinggian 20 meter atau lebih.
Access Point dalam jaringan komputer, sebuah jalur akses nirkabel (Wireless Access Point atau AP) adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait. WAP biasanya yang terhubung ke jaringan kabel, dan dapat relay data antara perangkat nirkabel (seperti komputer atau printer) dan kabel pada perangkat jaringan.
Wireless Access Point. Seperti juga namanya WAP berfungsi untuk mengakses jaringan yang ada di daerah internal dari sebuah Jaringan LAN. Contohnya dalam jaringan lokal atau LAN kita membuat penamaan IP 192.168.0.1 otomatis dalam access point kita akan memforward IP 192.168.0.xxx pada client dengan kata lain kita akan masuk jaringan lokal tertentu. Sebagai info untuk dalam jaringan kita sebaiknya harus diberikan proteksi yang sangat ketat dengan cara penggabungan angka dengan numerik contoh : d3s3mb3rbr4v0.
Cara kerja :
Wireless access point pada umumnya bekerja pada teknologi sirkuit yang dilakukan oleh perangkat komputer pribadi Anda, router dan perangkat jaringan nirkabel seperti wireless access point ini mulai bekerja ketika menghidupkan sistem operasi Anda dan kemudian menyambungkannya dengan jaringan nirkabel dan sewaktu anda memasukkan alamat URL dalam kotak jendela browser Anda yang mendukung wireless access point Anda.

B. FUNGSI ACCESS POINT

Access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel, di access point inilah koneksi data/internet dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.
  1. Mengatur fungsi supaya Access Point dapat digunakan sebagai DHCP server
  2. Melakukan percobaan fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access (WPA)
  3. Mengatur jumlah akses berdasarkan pada MAC Address device pengakses
  4. Berfungsi sebagai Hub/Switch yang akan bertindak sebagai penghubung jaringan lokal dengan jaringan wireless atau nirkabel.

sedikit pembahasan dari saya semoga bermanfaat,
sekian dan Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar